Pemberian Beasiswa Pendidikan MI Mirfa’ul Ulum

by MI Mirfa'ul Ulum | Juni 6, 2018 1:30 pm

Semarang, 04 Mei 2018, MI Mirfa’ul Ulum menyelenggarakan kegiatan pengumuman kelulusan Kelas VI tepat pukul 10.oo WIB. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Orang Tua/Wali, Guru Kelas VI, dan Perwakilan dari Pengurus Yayasan.

Pada tahun ini Yayasan memberi beasiswa pendidikan kepada 3 anak dengan peringkat nilai tertinggi ke 1, 2, dan 3, yang diraih oleh:

  1. ZAID
  2. RIZQUL FARID
  3. AULIA PUTRI LATIFAH

Tidak lupa kami ucapkan selamat kepada peserta didik yang dinyatakan lulus mengikuti ujian, dan semoga diberi kemudahan oleh Allah swt. untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

Source URL: http://mirfaululum.sch.id/blog/pemberian-beasiswa-pendidikan-mi-mirfaul-ulum/


Karnaval Ramadhan 2018 MI Mirfa’ul Ulum

by MI Mirfa'ul Ulum | Mei 15, 2018 1:57 pm

We cannot display this gallery” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]

Source URL: http://mirfaululum.sch.id/blog/karnaval-ramadhan-2018-mi-mirfaul-ulum/


Galeri

by MI Mirfa'ul Ulum | Mei 15, 2018 3:58 am

[gallery] shortcode not found inside [smart-grid][/smart-grid] shortcode

Source URL: http://mirfaululum.sch.id/blog/1264/


Yang menjadikan orang iri

by MI Mirfa'ul Ulum | April 30, 2018 9:52 am

Ada 4 hal yang ada dalam diri seseorang sehingga dapat menyebabkan orang lain menjadi iri, atau akan berusaha menyainginya yaitu apabila ia memiliki salah satu dari berikut:

  1. Kecantikan/ Ketampanan
  2. Kecerdasan/ Prestasi
  3. Kekayaan
  4. Perhatian seseorang terhadap dirinya

Dalam kaidah ilmu sosial lainnya disampaikan bahwa seseorang tidak akan rela jika ada orang lebih baik darinya kecuali anak sendiri.

Jika anak merasa direspon negatif teman lainnya, terkadang bukan karena ia salah, bisa jadi terdapat salah satu dari empat hal di atas menjadi karunia yang dimilikinya.

Oleh sebab itu sikap rendah hati saat berinteraksi sesama teman bisa meredam rasa itu, dan orang tua di rumah mencoba agar tidak tampak pilih kasih terhadap salah satu anaknya sehingga tidak menimbulkan rasa iri anak lainnya.

Source URL: http://mirfaululum.sch.id/blog/yang-menjadikan-orang-iri/


Juara Pencak Silat dan Dokter Kecil

by MI Mirfa'ul Ulum | April 30, 2018 9:45 am

Ada 4 hal yang ada dalam diri seseorang sehingga dapat menyebabkan orang lain menjadi iri, atau akan berusaha menyainginya yaitu apabila ia memiliki salah satu dari berikut:

  1. Kecantikan/ Ketampanan
  2. Kecerdasan/ Prestasi
  3. Kekayaan
  4. Perhatian seseorang terhadap dirinya

Oleh sebab itu perlu memancing emosional semua peserta didik untuk memotifasi mereka berprestasi, jika ia lebih bisa mengapa bukan dia yang berprestasi.

Hari ini madrasah mengumumkan 6 anak meraih prestasi minggu ini dalam kegiatan upacara Senin, 30 April 2018.

 

Artikel terkait lainnya:

Yang menjadikan orang lain iri dan cara mengatasinya[1]

Al Mujib (Yang Maha Memperkenankan Do’a)[2]

Endnotes:
  1. Yang menjadikan orang lain iri dan cara mengatasinya: http://mirfaululum.sch.id/blog/2018/04/30/yang-menjadikan-orang-iri/
  2. Al Mujib (Yang Maha Memperkenankan Do’a): http://mirfaululum.sch.id/blog/2018/04/27/al-mujib-yang-maha-memperkenankan-doa/

Source URL: http://mirfaululum.sch.id/blog/juara-pencak-silat-dan-dokter-kecil/


Al-Mujib (Yang Maha Memperkenankan Do’a)

by MI Mirfa'ul Ulum | April 27, 2018 9:06 am

Jum’at, 27 April 2018 seperti biasanya madrasah menyelenggarakan kegiatan do’a bersama, menjelang kegiatan ujian akhir Kelas VI kegiatan tersebut diisi istighasah.

Kajian Asma al-Husna jum’at ini adalah makna Al-Mujib, Al-Mujib mengandung makna Yang Maha Memperkenankan Do’a, Allah swt. memperkenankan do’a yang diminta hamba-Nya ataupun memberi tanpa diminta.

Yang menjadi pertanyaan adalah jika Allah swt. mengetahui keadaan manusia baik di masa lalu atau di masa depan, mengapa ada do’a, Jika Allah swt. selalu mencukupi kebutuhan manusia? Banyak berbagai jawaban tentang hal ini.

Terdapat dua golongan manusia, yaitu (1) Manusia yang selalu ingat Allah swt., selalu bersyukur terhadap apa yang diterimanya baik kecil atau besar, (2) Manusia yang baru ingat Allah swt. ketika dalam kebutuhan. Manusia terkadang menjadi lupa kehadiran Allah swt., karena apa yang dibutuhkan sudah dulu ada sebelum diminta, seperti matahari, mata yang utuh, pendengaran, air, dan lain-lain, sehingga apa yang menakjubkan itu seperti biasa.

Jika manusia memiliki kebutuhan mendesak, ia baru banyak mengingat Allah swt., dengan banyak berdo’a. Oleh sebab itu jika ingin senantiasa Allah swt. mencukupi kebutuhan hidup kita seharusnya selalu ingat Allah swt. dengan mensyukuri apa yang diberikan baik yang kecil ataupun besar.

“Bagaimanakah jika air yang diturunkan menjadi asin?”, itulah hal diingatkan dalam Alquran agar kita merenung, nasehat lainnya adalah barang siapa yang bersyukur kepada Allah swt., maka Allah swt. akan menambah karunia.

Berdo’alah/ memintalah kepada Allah swt. sesuatu yang Allah juga meminta kepadamu yaitu Istiqamah dalam ibadah.

Source URL: http://mirfaululum.sch.id/blog/al-mujib-yang-maha-memperkenankan-doa/


Perpisahan Kelas VI (Enam)

by MI Mirfa'ul Ulum | Maret 2, 2018 1:15 am

Jum’at, 02 Maret 2018 seperti biasa madrasah menyelenggarakan kegiatan Jum’at pagi dengan do’a bersama. Bacaan tahlil dipimpin oleh Bapak Nur Faizin, SHI.

Mengingatkan pada peserta didik kelas VI, sudah 6 tahun berteman apakah jika sudah lulus hingga MTs, MA, sampai Perguruan Tinggi, mereka masih terjalin baik hubungannya.

Ada satu rahasia yang dapat melanggengkan hubungan seseorang yaitu:

Jangan mengandalkan hubungan untuk menyinggung perasaan.

Walau itu kakak sendiri, adik, teman akrab, atau saudara, jangan coba-coba walau bercanda, menganggap mudah sehingga melakukan perbuatan yang dapat menyinggung, seperti terbiasa memanggil dengan panggilan tak baik, karena menganggap teman sendiri.

Walau sendiri maupun tidak ada teman, jangan membicarakan hal buruk tentangnya, hal ini karena kita ada pencipta dan pemelihara yang mengawasi, Allah Al Muhaimin Al Hafidz.

“Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia menyisihkan yang buruk (munafik) dari yang baik (mukmin)…. ” (QS. Ali Imran: 179)

Dan jika kedua saling berteman dan percaya kehadiran Allah swt, maka:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.” (QS. Maryam: 96)

Source URL: http://mirfaululum.sch.id/blog/perpisahan-kelas-vi-enam/


Fungsi Komunikasi

by MI Mirfa'ul Ulum | Januari 19, 2018 1:16 am

Jum’at, 19 Januari 2018, seperti biasanya madrasah menyelenggarakan do’a bersama, sebelum acara inti, Maulana Ahmad Taufiq mengisi kegiatan awal dengan kajian singkat tentang makna Al-Karim.

Al-Karim mengandung makna kemuliaan serta keistemewaan sesuai objeknya, misal Rizqun Karim, maka ini bermakna segala yang halal, berdampak baik, memuaskan, dan sebagainya. Qaulun Karim adalah ucapan yang baik, benar, mudah dipahami, sesuai dengan pesan yang disampaikan.

Antara peserta didik dan guru terkadang ada perbedaan pemahaman, terkadang terdapat ucapan anak yang dianggap biasa, tapi ditelinga guru atau teman lainnya terasa tidak nyaman didengar. Oleh sebab itu perlu adanya pengajaran tentang komunikasi yang baik dan benar khususnya dilingkungan belajar.

Komunikasi ada empat fungsi yaitu (1) Pengendalian, (2) Motivasi, (3) Pernyataan Emosional, (4) Informasi.

  1. Pengendalian diterapkan untuk mengendalikan perilaku anggota dalam berbagai cara. Dalam suatu kelompok terdapat otoritas hierarki dan aturan yang harus diikuti, sehingga untuk mencapai tujuan belajar, harus ada pengendalian jika ada hal yang tidak sesuai.
  2. Motivasi diterapkan untuk memberi semangat kepada teman agar dapat berbuat sebaik mungkin.
  3. Pernyataan Emosional digunakan untuk memberi ruang kepada antar teman menyampaikan keluhan/masalah yang dihadapi, kemudian membantu untuk mencari jalan keluar.
  4. Informasi, penyampaian berita kepada teman, sehingga teman-teman dalam kelompok dapat menggunakan informasi untuk membuat keputusan.

Daftar Pustaka:

Source URL: http://mirfaululum.sch.id/blog/fungsi-komunikasi/


Publikasi Berita Sekolah Berkarakter

by MI Mirfa'ul Ulum | Desember 21, 2017 11:27 am

Semarang, 20 Desember 2017, MI Mirfa’ul Ulum ditunjuk UPTD Kecamatan Genuk untuk menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) di Dinas Pendidikan Kota Semarang terkait penggunaan Aplikasi pendataan prestasi peserta didik, guru, dan sekolah serta penggunaan portal berita Penguatan Pendidikan Karakter milik Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Kesimpulan hasil pertemuan adalah:

  1. Sekolah agar memublikasikan berita terkait kegiatan penguatan pendidikan karakter.
  2. Dalam hal ini Pendidikan Karakter yang dipublikasikan ada 5 jenis yaitu: (1) Religius, (2) Nasionalis, (3) Mandiri, (4) Gotong Royong, (5) Integritas.
  3. Jangan sampai sekolah melaksanakan kegiatan tapi dokumen tidak ada.
  4. Berita kegiatan sekolah dapat diakses oleh publik

Apa yang diupload?

  1. Berita kegiatan penguatan pendidikan karakter, lihat contoh pada portal >> LIHAT[1]
  2. Gambar/ foto kegiatan harus jelas
  3. Gambar/ foto tidak terpotong, mampu berbicara / memiliki makna jika dilihat
  4. Berita mengandung fakta

Untuk menggunakan layanan ini sekolah sudah diberi user name dan password.

Silakan kunjungi: http://sekolahberkarakter.semarangkota.go.id/auth/login[2]

Masukkan Username: NPSN_Sekolah

Password: NPSN_Sekolah

Endnotes:
  1. LIHAT: http://sekolahberkarakter.semarangkota.go.id/
  2. http://sekolahberkarakter.semarangkota.go.id/auth/login: http://sekolahberkarakter.semarangkota.go.id/auth/login

Source URL: http://mirfaululum.sch.id/blog/publikasi-berita-sekolah-berkarakter/


Pendataan Prestasi Guru dan Peserta Didik

by MI Mirfa'ul Ulum | Desember 20, 2017 10:43 am

Semarang, 20 Desember 2017, MI Mirfa’ul Ulum ditunjuk UPTD Kecamatan Genuk untuk menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) di Dinas Pendidikan Kota Semarang terkait penggunaan Aplikasi pendataan prestasi peserta didik, guru, dan sekolah yang bernama “Sang Juara”.

Aplikasi ini akan mendata prestasi yang dimiliki peserta didik, guru, dan sekolah. Bagi peserta didik dan guru yang memiliki piagam tetapi tidak dimasukkan dalam aplikasi maka tidak berlaku. Aplikasi ini akan terhubung dengan PPD Kota Semarang. Sekolah agar memasukkan data prestasi sekolah 4 tahun sebelum akreditasi tiba.

Aplikasi ini merupakan (1) pendataan online, (2) Bank Data SoftCopy, (3) Statistik Prestasi, (4) Lacak Kejuaraan, (5) Terhubung dengan PPD Kota Semarang. Harap prestasi semua lomba agar dimasukkan.

Tidak ada lagi verifikasi berkas piagam/sertifikat ke dinas kecuali dari luar kota. Informasi lanjut dapat menghubungi Bapak Sapto Budi (081226607983).

Yang perlu diketahui dalam penggunaan aplikasi:

  1. Sekolah mengupload Scan Piagam yang asli (bentuk file gambar maksimal ukuran 500Kb)
  2. Jika gambar tidak jelas atau salah input data, maka masih boleh diperbaiki.
  3. Jika jenis piagam dianggap tidak layak, maka ditolak/ dihapus/ dikeluarkan dari server.
  4. Hak akses dibuat oleh Admin UPTD

Untuk menggunakan aplikasi silakan kunjungi: http://sangjuara.semarangkota.go.id/auth/login[1]

Masukkan Username: NPSN_Sekolah_Anda

Masukkan Password: NPSN_Sekolah_Anda

 

Setelah berhasil masuk, segera ubah password agar tidak dilakukan hack pengguna lain.

 

Data yang disetujui akan muncul dapat diakses publik dan dilacak di halaman: http://sangjuara.semarangkota.go.id/kejuaraan-siswa[2]

Endnotes:
  1. http://sangjuara.semarangkota.go.id/auth/login: http://sangjuara.semarangkota.go.id/auth/login
  2. http://sangjuara.semarangkota.go.id/kejuaraan-siswa: http://sangjuara.semarangkota.go.id/kejuaraan-siswa

Source URL: http://mirfaululum.sch.id/blog/pendataan-prestasi-guru-dan-peserta-didik/