Connect with us

Breafing Pagi

Niat dalam berbuat

Published

on

Sabtu pagi seperti biasanya mengawali kegiatan belajar dengan berdo’a, quote hari ini adalah:

“Banyak amalan dunia menjadi amalan akhirat, banyak pula amalan akhirat menjadi dunia karena niatnya”

 

Continue Reading
Comments

Breafing Pagi

Tidak mengurangi takaran/ timbangan

Published

on

Continue Reading

Breafing Pagi

Breafing Pagi MI Mirfa’ul Ulum

Published

on

Mulai awal tahun pelajaran baru 2018/2019, sebelum mulai belajar madrasah mengadakan breafing pagi, sebagaimana yang disampaikan Maulana Ahmad Taufiq selaku Kepala Madrasah bahwa breafing pagi ini memiliki beberapa tujuan yaitu:

1. Menyamakan pelaksanaan kegiatan pagi

Pada pagi hari kelas 3 sampai 6 terdapat kegiatan shalat dhuha berjama’ah, jika pagi hari tiap kelas mengadakan kegiatan mandiri dalam baris dan berdo’a, maka kegiatan shalat dhuha sering terjadi selisih waktu.

Dengan diadakannya program breafing pagi bersama seluruh kelas, maka waktu pelaksanaan kegiatan pagi akan sama. Adapun kegiatan breafing pagi adalah sebagai berikut:

a. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

sudah menjadi himbauan dari Kementerian Pendidikan bahwa awal pagi sebelum kegiatan belajar, siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya, setiap pulang sekolah menyanyikan salah satu lagu nasional.

b. Mendoakan keluarga

Salah satu amalan yang pahalanya tidak putus adalah doa anak sholeh untuk orang tuanya, diharapkan dengan adanya salah satu dari semua yang berdoa, do’a dikabulkan oleh Allah swt. untuk semua.

c. Pemberian penghargaan

Persyaratan kenaikan kelas di MI Mirfa’ul Ulum adalah siswa memiliki Surat Keterangan Kelakuan Baik, Surat Aktif Belajar, Surat Hafal Surat, dan Surat Nilai KKM, yang semuanya dikeluarkan oleh Kepala Madrasah. Surat ini diberikan pada pagi hari dalam kegiatan breafing.

d. Nasehat

Terdapat nasehat dari guru diluar dari materi pelajaran sekolah, isinya mengacu pada nilai-nilai MI Mirfa’ul Ulum yaitu Islami, Pengetahuan Luas, Akar budaya Kuat.

e. 5 Janji Pelajar MI Mirfa’ul Ulum

Senantiasa hafal dan diingat peserta didik:

1) Taat kepada Allah dan Rasul-Nya

2) Berbakti kepada kedua orang tua

3) Sayang kepada keluarga dan sesama 

4) Memelihara alam

5) Memelihara amanah dan rahasia penuntut ilmu

f. Student Talent

Siswa-siswa berbakat, sehari satu siswa menampilkan bakat keahlian yang dimiliki, baik itu pidato, menyanyi, hafalan, atau lainnya.

g. Do’a

h. Membaca Asmaul Husna

i. Shalat Dhuha berjama’ah 

Terdapat amalan shalat sunah yang ada di pagi hari yaitu shalat sunah dhuha, jika hari ini terlewat tidak shalat, maka tidak terulang untuk besok. Shalat ini diikuti oleh semua siswa kelas 1-6 bersama guru.

j. Kegiatan Literasi Membaca

Setelah shalat sunah shuha, dilanjutkan kegiatan membaca. Kegiatan ini dilaksanakan selama 15 menit. Siswa membaca buku kemudian menulis inti dari apa yang dibaca. Setelah bel berbunyi, hasil pekerjaan akan diperiksa oleh guru, sesuai kesepakatan seluruh siswa, bahwa siswa yang tidak mengerjakan, maka akan menulis QS. Albaqarah 10 ayat.

Demikianlah kegiatan breafing pagi di MI Mirfa’ul Ulum, semoga Allah swt. senantiasa memberi manfaat dari apa yang diusahakan, dan juga karena sesungguhnya apa-apa yang kita usahakan tidak ada daya upaya melainkan atas pertolongan Allah swt.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MI Mirfa'ul Ulum - Yayasan Baitul Quddus Semarang